Rabu, 02 Januari 2008

Orang Jaman Dulu Lebih Pintar Dari Orang Jaman Sekarang

Suatu sore saya lagi ngobrol sama Bude saya. Waktu itu saya sedang utak-atik Note book sembari mengerjakan tugas kampus. Tidak tahu kenapa tiba-tiba Bude saya nyletuk bilang sesuatu yang membuat saya jadi tergelitik. Waktu itu dia bilang bahwa orang jaman dulu lebih pintar dari orang jaman sekarang. Karena merasa tertarik, saya lanjut bertanya alasan dia berkata seperti itu. Akhirnya Bude menjelaskan alasannya mengapa orang jaman dulu lebih pintar dari orang jaman sekarang. Menurut Bude, orang dahulu kalau belajar tidak menggunakan banyak peralatan seperti orang jaman sekarang. Orang dahulu buku saja susah untuk didapatkan, kalau dia mempunyai sabak (semacam alat tulis tapi cuma sekali pakai kaena harus dihapus untuk menulis lagi) saja sudah untung. Jadi orang jaman dahulu kalau belajar ya harus benar-benar memperhatikan. Kalau tidak..... Wah bisa gawat... Dia bakal ketinggalan jauh karena tidak ada catatan. Bude membandingkan dengan orang jaman sekarang yang setiap perkataan dari guru selalu dicatat karena mudahmnya untuk mendapatkan buku untuk mencatat sehingga bisa dibaca lagi di waktu lain, tapi orang dahulu benar-benar harus bekerja keras untuk mengingat dan memahaminya. Bude juga menambahkan kalau sekarang juga lebih enak ada Note Book semua lebih simpel dan mudah mempelajarnya dan tidak perlu susah-susah mengingat pelajaran yang sudah dipelajari. oleh sebab itu Bude menyimpulkan bahwa orang jaman dulu lebih pintar dari orang jaman sekarang.
Heeh..... saya jadi berfikir.... ternyata perkembangan jaman memuat seseorang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam melihat perkembangan ini. Kalau saya juga memiliki pandang sendiri mengenai lebih pintar mana orang jaman dulu dan jaman sekarang, begitu pu juga dengan anda semua.
Menurut anda, lebih pintar mana orang jaman dulu dengan orang jaman sekarang.....???

7 komentar:

Ndroz mengatakan...

menurut saya, orang jaman sekarang lah yang lebih pintar.. begini analoginya, orang jaman dulu bisa pinter krn suatu kondisi yang mana mereka harus lebih bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu. org2 jaman dl hanya menciptakan suatu model yang pada saat itu blm bisa bnyk digunakan. liat jaman sekarang org2 lebih kreatif. semua infrastruktur sudah diciptakan dan banyk digunakan semua org. Mana ada HP, laptop, pesawat tempur plg menakutkan sukhoi? yang membuat kecanggihan teknologi, ya org sekarang. Coba laptop kita bawa ke jaman merdeka, apa org2 dulu ga mati keheranan? apa pesawat tempur capung jepang bisa melawan F-16? itulah yang membedakan oramg dulu dan sekarang. tapi orang jaman sekarang akan kalah dengan dengan orang2 di masa depan, mereka tentunya akan lebih pinter lg dr kita... setuju??

Unknown mengatakan...

menurut aq perpaduan orang dulu n orang sekarang akan jauh lebih hebat, knapa??
karena orng dulu terkenal pekerja keras, mereka berjuang dari nol..sedangkan kita (orang sekarang) terkenal sudah melek teknologi, dan teknologi diciptakn mmg buat memudahkan pekerjaan :)
jadi mgkn terkesan ag malas, krn orng sekarang ditantang lebih kreatif plus inofatif, bayangin klo kedua tipikal ini digabung..
orang kreatif plus pekerja keras, pasti jadi orng hebat ^^

sMangath yuk SMangath, ga peduli orng dulu atau skrg, yg penting jd orng yg paling bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

menurut saya oarang zaman dahulu lebih hebat,,,karena yang menciptakan berbagai ilmu adalah orang zaman dahulu,,,orang zaman sekarang hanya mengembangkannya saja

Unknown mengatakan...

saya lebih menghargai kerja keras orang dulu karena dari mereka lah bangsa ini besar dan melahirkan banyak orang orang pintar saat ini.

Unknown mengatakan...

Intinya orang dulu pintar kalo sungguh2 sama dengan sekarang kalo sungguh2 dengan apa yg di ingin kan ya bisa berhasil.

Unknown mengatakan...

Gag melulu seperti itu
Dasar dasar penciptaan teknologi itu kebanyakan diciptakan ilmuan2 jaman dulu
Kyk listrik. Orang jaman sekarang mah tinggal ngembangin aja.. Tapi yang buat masyarakat awam semakin maju peradaban. Mereka di manjain dgn mudahnya teknologi. Jd terkesan malas.
Malah cenderung kecanduan
Sehari aja gag bisa lepas dari smartphone.. Main medsos.
Pdhal yang diposting kebanyakan nonsense alias ocehan tak berguna

Unknown mengatakan...

Dasar penciptaan teknologi skarang ya karna orang2 jaman dulu udah udah nemuin penemuan awal. Kalo gagda mreka kita orang yang saat ini jg blum tentu nikmatnya kemudahan teknologi. Jgn sok keminter